Kamis, 01 Agustus 2013

Keren! Semua Bangunan di Barcelona Terlihat Kotak dari Langit





Kota dengan bentuk wilayah distrik yang unik menjadi daya tarik wisata tersendiri. Seperti di Barcelona, ada distrik yang jika dilihat dari langit akan tampak seragam bentuknya berupa blok-blok persegi.

Distrik berarsitektur bangunan unik ini bernama Eixample. Eixample memiliki arti perpanjangan dan dibangun ketika Kota Barcelona mulai berkembang pada pertengahan abad ke-19.

Eixample adalah sebuah distrik di Barcelona. Kawasan wisata ini terletak di antara kota tua dan kota-kota kecil di sekitarnya. Kota Eixample memiliki ciri-ciri jalanan lurus yang panjang, dengan jalan yang lebar pada persimpangannya.

Di dalam garis persimpangan ini, berdiri seragam blok-blok bangunan berpola kotak dengan sudut yang tumpul membentuk segi delapan. Desain kota teratur dan seragam ini adalah maha karya arsitek Spanyol, Ildefons Cerda.

Menurutnya, dalam membangun suatu lingkungan, harus ada pertimbangan lalu lintas, banyaknya sinar matahari yang bisa masuk, serta ventilasi. Rencana Cerda untuk Eixample dianggap cukup visioner.

Jalan-jalan pada tiap persimpangan diperluas. Dia juga memotong sudut jalan menjadi tumpul dan membentuk segi delapan. Tujuannya pada abad ke 19 adalah agar kereta kuda bisa membelok lebih mudah.

Sehingga apabila dilihat dari langit, bangunan di satu wilayah Eixample ini terlihat memiliki bentuk yang serupa, yaitu persegi. Namun, semua rencana Cerda tidak sesempurna yang dia harapkan.

Para arsitek yang membangun distrik Eixample tidak mengikuti pola garis Cerda. Meski bentuknya sama, namun jalan pada persimpangan tidak dibangun seluas desain gambaran Cerda. Selain itu, area taman juga dihilangkan.

Kini, ketika mengunjungi distrik Eixample, wisatawan akan disuguhi pemandangan cantik dari bangunan-bangunan dengan arsitektur Modernista. Saat ini, hampir seluruh bangunan di Eixample ini merupakan karya arsitek Ildefons Cerda dan Antoni Gaudi.

Traveler bisa mengunjungi bangunan bersejarah Barcelona University, landmark khas arsitektur Modernista seperti Casa Golferichs, Parc de Joan Miro, dan dua pasar makanan penting di daerah ini, Mercat del Ninot dan Mercat Sant Antoni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar